Selasa, 02 April 2013

“Masa sarjana gak bisa apa-apa” kalau lagunya iwan fals bilang : “4 tahun lamanya bergelut dengan buku, tak terasa sia-sia” sedih juga ya, kenapa bisa demikian?.
Sering kita mendengar seorang Dosen berkata kepada Mahasiswanya : “ Sebagai mahasiswa anda dituntut untuk mandiri”. Satu penyataan yang turun termurun terucap oleh sang Dosen. Dalam proses belajar mengajar di kampus saat kuliah dulu, bahkan sampai hari inipun masih juga banyak pengajar yang menganut Faham “Seorang Mahasiswa Harus Mandiri”, sebagai contoh kecil ketika ada seorang mahasiswa bertanya secara teknis tentang suatu Mata Kuliah, Dosennya dengan wajah serius menjawab dan dijawab secara konsep, dengan kalimat penutup “ya kamu cari tahu tentang itu” karena itulah tugas pokok kamu sebagai mahasiswa yang harus bisa mandiri….. secara konsep dan logika penalaran sudah saya uraikan kepada anda. Kemudian si mahasiswa dengan memberanikan diri bertanya lagi : “ pak sebenarnya yang terpenting konsepnya apa skillnya?, kalau konsepnya saya sudah tahu dan paham luar dalam tetapi untuk membuat apalikasinya saya tidak bisa… karena bapak tidak pernah mengajarkan… sang Dosen tidak menjawab hanya menatap saja..
Dengan seribu pertanyaan yang tidak terjawab si mahasiswa hanya terpaku bingung, kalau cuma konsep ngapain gua pusing kuliah, di google juga banyak, atau sebaliknya kalau cuma skill untuk membuat program aplikasinya doang di web forum juga bertaburan… kalau gitu ngapain gua masuk kuliah… huff…
Mungkin cerita diatas mewakili kondisi mahasiswa dan juga kondisi dosen, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mahasiswa harus bisa mandiri ?, dalam belajar juga mana yang lebih penting dan lebih dulu konsep atau bisa secara skill dan teknis, karena jika setelah selesai kuliah jika ingin terjun kedalam dunia usaha atau kerja yang dituntut harus menguasai secara skill teknis, sebagai contoh kalimat dalam iklan lowongan pekerjaan, misal :
Dibutuhkan sarjana komputer (S1) memiliki kemampaun skil dibidang :
-          Jaringan Komputer (CCNA)
-          Web Programming (PHP & MySQL) dll
Bahasa iklannya bukan Dibutuhkan sarjana komputer (S1) memiliki kemampuan konsep, belum pernah ditemukan sebuah perusahaan yang mencari lulusan yang tidak menguasai disiplin ilmunya secara skill dan teknis dan itu akhirnya menjadi perbedaan antara satu lulusan dengan lulusan lainnya (kompetensi), fakta dilapangan adalah demikian, perusahaan tidak akan pernah merekrut calon yang tidak bisa apa-apa secara skill dan teknis, perusahaan tidak membutuhkan lulusan-lulusan yang cuma bisa konsep, apalagi jika ingin terjun kedalam dunia usaha mandiri, harus memiliki keahlian khusus atau spesifik keahlian yang nantinya menjadi nilai jual pada usahanya tersebut, tetapi jika di kembalikan pada kondisi saat masa kuliah, hampir semua Dosen jarang yang benar-benar membimbing, membina secara totalitas yang mencakup seluruh aspek baik dari kemampuan konsep sampai dengan skill dan teknis para mahasiswanya.
Lantas apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa dimasa kuliahnya agar benar-benar mampu mengkolaborasikan antara Faham Mahasiswa harus mandiri dengan fakta dilapangan setelah lulus?… jawabannya adalah “Apa yang benar-benar kita senangi dari seluruh mata kuliah kita, sudahkah hal tersebut menjadi skill dalam diri kita?, jika belum maka carilah tempat atau lingkungan diluar perkuliahan yang bisa mendorong kita menjadi lebih baik pada bidang tersebut, apakah itu organisasi kampus, komunitas, atau lembaga-lembaga non akademik yang berorientasi pada full practical skill sebagai upaya pemenuhan diri kita, sehingga pada saatnya nanti kita benar-benar akan menemukan dan akan menjadi keahlian diri yang disebut skill, profesi atau profesional bukan seorang sarjana yang general.

1 komentar:

  1. Kalo menurut saya bang Fariz, ketika kuliah mahasiswa diwajibkan (diharapkan) mengerti dan faham secara konsep. kemampuan secara teknis ditempa saat praktikum mata kuliah tsb (kalo ada). Setelah mahasiswa mengerti secara konsep, diharapkan mahasiswa secara MANDIRI mengembangkan konsep tsb kedalam teknis.

    begitulah pendapat saya.
    trims.

    BalasHapus

Popular Posts

geotoolbar desktop
free counter

Recent Posts