Rabu, 22 Mei 2013

REPAIR WINDOWS FILE CORRUPT DENGAN COMMAND PROMPT (CMD) | SFC/SCANNOW - Tutorial ini berlaku untuk Laptop/Komputer sistem os windows XP, 7/SEVEN, VISTA. Pada windows XP untuk menjalankan SFC/SCANNOW bisa digunakan secara langsung yaitu dengan mengetikan SFC/SCANNOW pada menu kotak run, lalu bagaimana dengan VISTA/SEVEN? Mungkin akan muncul pertanyaan SFC / SCANNOW pada windows 7/VISTA Tidak dapat dibuka, itu kenapa ya?
REPAIR WINDOWS
http://kris-smile.blogspot.com/
Bagi yang belum tau jelas akan bertanya-tanya tentang masalah ini sama halnya ketika kita mau membuka CHKDSK pada menu program. Untuk masalah ini sebenarnya tidak error/dapat dibuka sama seperti yaitu dengan menjalankan perintah tersebut sebagai administrator.

Pastikan sebelum menjalankan tutorial ini sobat baca selengkapnya pada artikel OM Kris sebelummnya (Peningkatan Kinerja Command Prompt | CMD silahkan klik disini 
Untuk Jalankan Command SFC / SCANNOW di Windows 7/vista
1. Buka command prompt yang telah ditingkatkan (klik kanan -> Run as administrator), dan lakukan langkah 2 atau 3 di bawah ini untuk jenis scan yang ingin sobat jalankan.
2. Untuk Scan dan Perbaikan Sistem File Rusak Corrupt
  • Pada command prompt yang ditingkatkan (run administrator), ketik sfc /SCANNOW dan tekan Enter. (lihat gambar di bawah) 
SFC (SCANNOW)
  • Lanjutkan ke langkah 4.
3. Untuk Verifikasi Hanya jika Sistem File yang rusak/Corrupt
  • Pada command prompt yang ditingkatkan (run administrator), ketik sfc /VERIFYONLY dan tekan Enter.
sfc (VERIFYONLY)

4. Saat scan selesai, mudah-mudahan sobat akan melihat semua ok dan merepair sesuai kehendak.


Note   CATATAN

  1. Sebelum menjalankan Proses repair ini pastikan sobat sedang tidak menjalankan aplikasi lain (tutup aplikasi).
  2. Proses scan/repair sistem mungkin membutuhkan beberapa waktu agar sampai 100%, Jangan Tutup Command Prompt sebelum proses Scan selesai! 
  3. Jika SFC tidak bisa memperbaiki, coba jalankan perintah ini sekali lagi untuk mengetahui apakah proses ini bisa merepair sistem yang error/corrupt pada tahap berikutnya (sekali lagi). Sebab Kadang-kadang mungkin diperlukan untuk menjalankan perintah sfc /scannow 3 kali atau lebih untuk benar-benar memperbaiki sistem error/corrupt tersebut.
5. Setelah selesai, tutup command prompt dengan mengetikan perintah EXIT pada command promt /-semoga bermanfaat.
 
sumber : kris-smile.blogspot.com

1 komentar:

Popular Posts

geotoolbar desktop
free counter

Recent Posts